Anak Majikan Kamu Nakal & Bandel ? Ikuti Cara Ini Agar Patuh Dan Menurut

Jangan sampai orang tua enggan meluangkan waktu untuk mengajak seluruh anggota keluarga menyimak kajian-kajian agama. Setelah beliau diangkat menjadi utusan Allah, anak-anaknya pun kian patuh dan berbakti. Mereka memahami betul bahwa perintah ayahnya berasal dari wahyu Rabb.

Orang tua dapat membantunya, seperti mengajak balita berbelanja setelah ia tidur siang. Tanyakan pada anak bagaimana perasaannya dan cari isyarat kebutuhan anak yang belum terpenuhi. Ketika anak-anak prasekolah belajar melakukan lebih banyak hal sendiri, mereka ingin memamerkan keterampilan baru. Anak pra remaja dan remaja juga dikenal dengan upaya mereka menjadi mandiri.

Di samping itu, orang tua juga bisa memberikan contoh nyata sebab anak akan melakukan apa yang sering dilihatnya. Orang tua dapat membantu anaknya mengembangkan prilaku teratur yang telah disepakati bersama tanpa harus menggunakan cara kekerasan atau ancaman. Pasalnya, ketika orang tua menanamkan kedisiplinan dengan ancaman maka anak tidak akan mendengarkan apa yang disampaikan. “Jadi, si anak merasa tidak nyaman jika harus mengikuti apa yang diperintahkan orang tuanya.

Cara agar anak patuh

Sehingga ketika Anda langsung merasa kesal lalu marah-marah dan si kecil menyukai reaksi itu, ia pun akan mengulang kenakalannya itu. Sikap kasar dari orangtuanya itu bukannya menjadikan si kecil menjadi penurut, tapi justru akan menjadikannya ikut-ikutan kasar dan semakin nakal. Seandainya menjadi menurut pun, si kecil akan menjadi kehilangan percaya diri dan harga dirinya. Akibatnya, ia sering melakukan kenakalan karena memiliki kebutuhan yang tidak terpenuhi. Untuk mengatasinya, orangtua bisa mencegah masalah ini muncul dengan cara mencari tahu kebutuhan yang diinginkan si kecil saat ia mendadak marah. Normalnya, seorang anak hanya ingin dimengerti dan dipahami oleh kedua orangtuanya.

Namun, marah dan berteriak akan menjadi kebiasaan yang buruk terutama bagi tumbuh kembang anak. Si kecil yang sedang mengeksplorasi diri serta lebih percaya dengan instingnya, seakan membuat anak terkesan membangkang. Misalnya saat anak menolak makan di jam makan, sulit tidur, ingin terus bermain atau display screen time, memang menunjukkan kesan bahwa mereka tidak menurut dengan perintah orang tua.