Supaya Asi Lancar Melimpah

Selain mengandung antioksidan, buah pepaya juga dapat membantu memperlancar BAB sekaligus sembelit. Perlu diketahui juga bahwa buah pepaya memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu sebesar 50 persen dibandingkan jeruk. Kalium yang tinggi ini sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui karena dapat membantu melancarkan ASI dengan meningkatkan produksi hormon oksitosin. Sebagai ibu yang memiliki bayi yang masih menyusu, salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah cara untuk menjaga produksi ASI tetap lancar. Kelancaran produksi ASI ini berhubungan erat dengan kesehatan ibu yang sedang menyusui. Selain menjaga kesehatan, ibu menyusui pun dapat melakukan beberapa tips berikut ini agar produksi ASI tetap lancar dan melimpah.

Diet memang tidak dianjurkan untuk ibu menyusui, tapi makan dalam porsi besar juga tidak lantas membuat produksi ASI Anda melimpah. Rahmat menegaskan, agar produksi ASI lancar ibu memang harus bahagia dan percaya diri bisa menyusui bayinya. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan frekuensi menyusui si kecil, Moms. Semakin sering menyusui, maka produksi ASI akan semakin melimpah. menyusui sekaligus founder Ayah ASI, Rahmat Hidayat, makan banyak tidak serta merta membuat produksi ASI melimpah, Moms.

Jika Ibu kesulitan memperoleh lotion atau baby oil, pemijatan juga bisa dilakukan dengan bantuan sabun saat mandi. Selain bisa menambah produksi ASI, pemijatan ini juga akan membuat Ibu merasa lebih rileks dan nyaman. Misalnya setelah menyusui atau saat bayi sedang tidak menyusui. Sayuran hijau seperti bayam, kacang buncis, dan asparagus kaya akan mineral yang baik untuk produksi ASI.

Ada faktor baik dari dalam diri ibu sendiri maupun faktor dari luar yang memengaruhi. Melalui story di Instagram Andien membagikan ceritanya terkait hal ini bahwa ternyata mindset adalah salah satu hal yang mempengaruhi lo. Menurutnya ketika batin sendiri bersih dan lingkungan juga kondusif maka hormon prolaktin dan oksitosin yang dihasilkan akan meningkatkan produksi ASI.

Oleh karena itu, perlengkapan ibu hamil sangat dibutuhkan oleh Moms yang saat ini sedang mengandung buah hati. Selama masa menyusui, hindari merokok dan mengonsumsi minuman keras yang dapat menyebabkan kualitas dan produksi ASI menurun. Sebaliknya, perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui agar asupan nutrisi tercukupi dan produksi ASI meningkat.

Pastikan Ibu telah melaksanakan diet kehamilan yang sehat, dengan cukup makan-makanan bergizi. Usahakan selalu berada di lingkungan yang bersih dari polusi, dan selalu berada pada kawasan bebas asap rokok. Rooming-In Perawatan bayi dan ibu bayi dapat terus bersama selama 24 jam dinamakan rawat gabung. Rawat gabung harus dilakukan perawatan ibu dan bayi sejak hari pertama di rumah sakit harus dilakukan dalam satu tempat tidur atau satu ruangan. Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah / pompalah ASI. produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt prinsip pabrik.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Untuk itu, berdekatan dengan bayi dapat meningkatkan produksi ASI. Oatmeal yang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi cookies, juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Jika Ibu memiliki pertanyaan seputar nutrisi untuk bayi, ibu dapat bertanya langsung ke pakar kami melalui fitur Tanya Pakar. Namun untuk menggunakan fitur tersebut, ibu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu ya, Bu. Yuk, berkonsultasi dengan dokter agar cara memperbanyak ASI dengan pijat payudara ini bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan membuat ASI berlimpah. Membatasi menyusui berarti membatasi asupan makanan bayi, namun tak sedikit ibu yang enggan untuk menyusui di tempat umum karena sering menerima keluhan dan pelecehan verbal.

Malam hari merupakan waktu di mana ASI akan diproduksi lebih banyak. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk memerah ASI di malam hari. Mama bisa melakukannya saat sebelum tidur atau setelah sahur. Jika Mama sulit tidur di malam hari, cobalah untuk berbaring di tempat tidur di waktu tidur yang sudah ditentukan. Lalu tenangkan pikiran Mama dengan mematikan lampu kamar, ganti dengan pencahayaan yang lebih redup. Pastikan Mama sudah merasa nyaman dengan keadaan di sekitar, dan cobalah untuk memejamkan mata.